Kamis, 26 November 2015

97 Kebaikan dari Malaikat Tanpa Sayap

Saya rasa, sebutan “Malaikat tanpa sayap” itu memang tepat sekali diberikan kepada sosok Ibu. Dari kecil sampai sekarang kepala dua, banyak sekali yang beliau ajarkan secara langsung atau pun tidak kepada saya, kalau dimasukkan kedalam list mungkin panjangnya sak abrek dari sabang sampai merauke. 


Sekarang berbicara tentang kebaikan nih ya, seorang Ibu itu buuuaaaiiikkkkk banget. Terkadang saya justru merasa dongkol sendiri dengan kebaikan yang Ibu saya berikan kepada orang lain, kenapa? Mungkin darah muda yang mengalir dalam diri saya ini belum mampu menerima dan memaafkan seseorang dengan mudahnya, seperti Ibu saya. Kali ini saya akan membagikan petuah yang dicomot dari kata-kata Ibu saya beserta pengalaman yang saya peroleh. Berikut ini 97 kata-kata tentang kebaikan yang diajarkan oleh Ibu saya :

1. Berbuat baiklah kepada semua orang, tanpa terkecuali!

Ini yang dulu sangat tidak saya mengerti, ada orang yang sangat buruk, justru diberi baik. Saya adalah tipe orang yang “sangat benci” dengan seseorang yang tidak tahu terima kasih, saat seseorang butuh bantuan kita, kita dengan mudahnya menolong. Saat kita butuh bantuan, malah tidak ada tanggapan sama sekali. Siapa coba yang tidak gondok? Ibu jawabannya!. Ibu hanya menanggapi dengan santai, “Kalau kita niatnya menolong dengan ikhlas, nanti bantuan pun akan datang dari mana pun asalnya, jadi tidak dari orang yang kita tolong saja. Kamu ingat waktu ban motor kamu bocor dan kamu tidak bawa uang? Si tukang tambal ban rela kan tidak kamu beri uang terlebih dulu. Salah satu doa ibu, apapun kebaikan yang Ibu berikan, semoga kebaikannya untuk kamu juga.” Tiba-tiba saya menangis ketika mendengarkan alasannya, dan sejak saat itu saya membulatkan tekat untuk berbuat kebaikan, selama saya mampu, dan semoga terus dimampukan.

2. Tetaplah merasa cukup dan bersyukurlah dalam hal sekecil apapun

Saya termasuk orang yang mungkin telat memaknai apa arti bersyukur, sekarang pun mungkin sama saja. Pernah saya dalam keadaan yang absurd, apa yang saya dapatkan rasanya kuraanggg terus, sedikit-sedikit emosi, rasanya selalu sendirian, pokoknya berasa seperti alien rakus lah. Ibu saya pernah bertanya, “Kamu kok kelihatan tua banget, kurang bersyukur itu!” sekali lagi BENAR kalau kurang bersyukur itu wajah kelihatan kusam dan tambah tua. Setelah itu ibu melanjutkan bicara, “Daripada gitu terus, coba deh kamu main keluar sana, siapa tahu ada pelajaran berharga di jalanan.” Saat itu saya turuti saja kemauan Ibu saya, saya keluar naik motor pergi ke Pare, tempat yang terkenal dengan kampung inggrisnya itu. Saya hanya berputar-putar tidak tahu arah, tiba-tiba gerimis pun datang, terpaksa saya menepi di salah satu warung lesehan di depan toko yang hanya buka saat malam saja. Saya langsung memesan kopi, yakali masak numpang berteduh di warung orang tanpa beli apa-apa, hehe. Saat saya sedang menikmati kopi, film pun dimulai. Ada dua orang paruh baya dengan ekspresi panik sedang membopong anaknya menembus gerimis untuk memanggil jasa tukang becak, dalam hati saya bergumam “Ya Allah terimakasih atas kesehatan yang Engkau beri”. Beberapa menit kemudian saya melihat ada wanita tua yang sedang mengorek tempat sampah di tepi jalan, beliau menemukan roti dan dengan ekspresi gembira melahapnya sampai habis, saya saat itu meneteskan air mata dan sekarang saya merasa bodoh sekali kalau teringat saat itu dan tidak membantunya. Tidak lama setelah itu ada bapak dengan anaknya yang berpakaian lusuh menghampiri saya, sang bapak berbicara, “Mas, saya minta sedekahnya mas, dari tadi pagi kami belum makan, sedikit pun tidak masalah, yang penting anak saya bisa makan.” Saya merogoh saku dan mengeluarkan uang Rp. 10.000,- dan memberikannya pada bapak itu, hati saya berantakan dengan apa yang beliau katakan, “ALHAMDULILLAHHH, Terimakasih yang banyak ya mas, semoga masnya dan keluarga panjang umur, dijauhkan dari segala macam penyakit, semoga dilapangkan rezekinya, dijauhkan dari segala macam bahaya, bahagia di dunia maupun di akhirat” beliau mengatakan itu dengan lantang dan menangis, iya M.E.N.A.N.G.I.S gaes! Seketika itu pipi saya rasanya banjir, air mata pun tak terbendung. Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak itu, karenanya saya menyadari kalau saya sangat kurang bersyukur dan merasa cukup, saya yang menerima uang Rp.500.000,- saja sudah lupa tentang mensyukuri nikmat, sedangkan bapak itu tadi sangat bersyukur dan menangis saat mendapatkan uang Rp.10.000,- perak! Setelah hujan reda, saya pulang kerumah dengan senyum-senyum sendiri, apa yang Ibu saya katakan? “Udah gila ya?” Hahahaha memang seperti itulah Ibu saya.

3. Dari nomor ini sampai nomor 97 kamu pikir dan isi sendiri ya, karena kebaikan yang diajarkan Ibu saya dan Ibu kamu itu jelasnya berbeda-beda, meskipun intinya juga sama. Takutnya kalau saya tulis semua tentang yang diajarkan Ibu saya beserta contohnya, kamu jadi baper dan ingin Ibu saya jadi Ibu kamu juga! Hihihi

Demikianlah posting kali ini yang berjudul 97 Kebaikan dari Malaikat Tanpa Sayap, meskipun 95 yang lain harus kamu pikirkan sendiri hehe, semoga bermanfaat ya buat kamu, apalagi buat kamu yang kurang bersyukur dan merasa cukup. Thanks sudah tersesat disini, jangan lupa follow blog ini, siapa tahu jadi artis ngetop, kamu entar nyesel lho kalau tidak buruan follow. See ya!

Tulisan ini diikutsertakan pada Monilando's Giveaway : Spread The Good Story 

Bagikan

Jangan lewatkan

97 Kebaikan dari Malaikat Tanpa Sayap
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka artikel Hot Coffee Beans? Tambahkan email untuk langganan baca. :)

35 komentar

Tulis komentar
avatar
26 November 2015 18.38

Aku jadi kangen mamaku. Aku kangen digandeng, bikin aku merasa jadi anak kecil lagi, anak cengeng yang sekarang ga boleh cengeng lagi.

Reply
avatar
26 November 2015 19.57

Hahaha kenalan ya kenalan aja atuh, ribet amat :D

Reply
avatar
26 November 2015 20.01

Duhh maaf sudah buat baper -_-

Ini juga bisa jadi peringatan buat sayangi ibumu, sebelum ibumu disayangi orang lain *eh

Salam kenaalll :)

Reply
avatar
26 November 2015 21.02

Duh jadi kangen Mama yang jauh di mata.. Makasi ya udah ngingetin kebaikan Mama yang tk ada habisnya :')

Salam kenal... Makasi udah jadi peserta pertama.. Silahkan pilih hadiah buku maksimal senilai 50rb di bukukita.com atau gramedia.com trus email judul buku pilihan dan nama+alamat+no hp untuk pengiriman ke monikayulando@gmail.com ya :)

ohya mau dikirim langsung apa nunggu giveaway selesai? *barangkali jadi juara juga

Reply
avatar
27 November 2015 06.27

Hehehe sama-sama mbak, kadang kebaikan yang besar pun memang sering terlupakan sih :)

Salam kenal juga mbak, nungguin giveaway selesai sekalian saja mbak. hehe :D

Reply
avatar
27 November 2015 06.44

Dua poin diatas sama kaya pesan ibu saya juga... jangan2 95 poin berikut nya juga sama! Ibu kita bukan orang yg sama kan? *sambil mantengin wajah ibumu di foto* he he .. o ya, salam kenal :)

Reply
avatar
27 November 2015 06.54

Jangaaannnn dong!! *tiba-tiba peluk ibu disamping* haha

Sepertinya akan muncul film, "Ibu yang Tertukar" dari komentar ini, hihi
Salam kenal jugaaa :)

Reply
avatar
27 November 2015 09.32

Whoaaa ... Alexa-nya 14 juta, cepetan diet. *abaikan komen yang ini

Ibunya asyik, ih. Boleh tukeran?

Reply
avatar
27 November 2015 10.16

Tuh kan jadi baper -_- kangen mamaku yang dirumah :'''')
jadi enngak sabar pengen cepet pulang, hiks :')
makasih udah ngingetin kebaikan Mama... :)
salam kenal yaaaa!

Reply
avatar
27 November 2015 10.17

Hiyaaaaaaa habis ganti domain emang jeblok banget teh, jadi baper nih bicarain rank, kalo bisa sih ranknya mau disumbangin biar cepet kurus hahahah

Jangaaaaaaaaaannnnnn!!!! *pegang erat* XD

Reply
avatar
27 November 2015 10.22

Duhhh kannn, harusnya di awal postingan dikasih tulisan, "Dihimbau untuk sarapan yang banyak biar kuat dibaperin seharian" ya! hihi :D

Sama-sama, semoga menginspirasi yaaa :)
Salam kenal juga!! :)

Reply
avatar
27 November 2015 15.35

Yoggy gak peka banget jadi cowok. Itu namanya mau daftar jadi mantu :p

Reply
avatar
27 November 2015 17.22

Duhhh mbak silvi, jadi baper nihh,, tanggung jawab hayoooo... hahaha :D

Reply
avatar
28 November 2015 04.54

seketika langsung kangen ummik.

Reply
avatar
28 November 2015 07.02

Kenapa ndak kangen aku juga? *tibatibabaper* XD

Reply
avatar
30 November 2015 09.17

Semua yang kita lihat dari kebaikan seorang ibu memang sangat banyak, tapi yang tidak kita ketahui lebih banyak lagi...
Ibu memang sosok yang super duper banget :)
Bisa ngelakuin apa yang kita tidak sanggup lakuin buatnya...

Reply
avatar
30 November 2015 09.23

Heheh betulllllllll banget teh, saya rasa sebutan malaikat tanpa sayap sudah cukup membuktikan semua perkataan dan segala kebaikan. hehe :D

Reply
avatar
30 November 2015 11.07

Salam kenal juga.

Iya banget.

Reply
avatar
30 November 2015 12.40

berhubung udah janji nggak ngecengin mampir baca dan senyum aja deh :)))

Reply
avatar
30 November 2015 21.34

Haaaiyaaaaahhhh ini mba anyin apaan sih XD

Reply
avatar
1 Desember 2015 11.43

okie udah diterima emailnya yah...sambil nunggu confirm peserta lain nih :)

Reply
avatar
1 Desember 2015 13.09

Iyaaaa mb anyinn, santaaaiiiii XD

Reply
avatar
3 Desember 2015 10.32

ibu memang malaikat tanpa sayap yah :)
jadi kangen mama, hiks :(

Reply
avatar
3 Desember 2015 13.32

Heheh betul banget teh :)
apalagi masakannya :3

salam kenal :)

Reply
avatar
5 Desember 2015 15.19

Ibu emang slalu baik

sukses buat GAnya

Reply
avatar
7 Desember 2015 08.59

hayuk update atuh kie

Reply
avatar
9 Desember 2015 18.09

Hehehe iyaaa :D

salam kenal :)

Reply
avatar
9 Desember 2015 18.09

hihihih iyaaaaa mb anyinn :D

Reply
avatar
15 Desember 2015 19.31

T_T jadi ingat dosa kesalahanku pada ibu...

Reply
avatar
15 Desember 2015 19.31

salam hangat dan salam kenal...langsung izin follow blognya yg bagus ini untuk menambah saudara...good luck :D

Reply
avatar
16 Desember 2015 05.35

Duhhh bicarain tentang dosa, saya juga jadi ingat-ingat hal yang membuat saya merasa berdosa juga. :3
Salam kenal, terimakasih sudah mau tersesat di blog ini :D

Reply

Holla, terimakasih atas kunjungannya. Tinggalkan jejak kamu di komentar ya. :)